Sabtu, 19 Februari 2011

Pengobatan Roem di Singapura Ditanggung Asuransi DPRD

Sabtu, 19 Februari 2011 | 08:45 WITA
BIAYA pengobatan dan perawatan Ketua DPRD Sulsel M Roem selama dirawat di Rumah Sakit (RS) Grestelina, Makassar, maupun di Singapura akan ditanggung oleh jasa penjamin kesehatan anggota DPRD Sulsel.
Sekretaris DPRD Sulsel Abdul Kadir M mengatakan selama dapat menunjukkan bukti pembayaran dari rumah sakit baik di dalam maupun luar negeri, legislator yang sakit dapat mengajukan klaim kepada pihak asuransi.
"Dalam perjanjian kontraknya, selama bisa menunjukkan bukti pembayaran dari rumah sakit beliu bisa mengajukan klaim. Itu yang tertulis dalam kontraknya," katanya, Jumat (18/2).
Dalam APBD Sulsel tahun 2011, setwan mengalokasikan dana khusus untuk memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi anggota DPRD Sulsel yang besaran anggarannya mencapai Rp 375 juta. Anggaran tersebut tidak pernah bertambah sejak tahun 2003.
Setiap tahunnya, masing-masing legislator berhak mendapat jaminan asuransi kesehatan sebesar Rp 5 juta. Total tersebut termasuk di dalamnya jaminan kesehatan bagi istri dan dua orang anaknya.
Selain mendapat fasilitas asuransi jaminan kesehatan, setiap tahunnya legislator juga mendapat fasilitas general check up dan penggantian kaca mata gratis.
Besaran tersebut, Abdul Kadir sangat jauh dari nominal ideal. Jumlah tersebut tidak pernah mengalami kenaikan sejak 2003 lalu dan terbilang kecil dibandingkan beberapa DPRD kabupaten/kota di Sulsel
Ia mencontohkan jaminan kesehatan bagi anggota DPRD Kota Makassar dan DPRD Jeneponto jumlahnya lebih besar dibanding anggota DPRD Sulsel yakni Rp 9 juta setiap anggota pertahunnya.
"Nominal tanggungan asuransi kesehatan (DPRD Sulsel) tidak pernah diubah sejak saya di sini (2003). Bahkan asuransi kesehatan di (DPRD) Makassar dan Jeneponto jumlahnya lebih besar dari dewan di provinsi. Idealnya ya Rp 9 juta kalau sekarang," katanya saat ditemui di kantornya.
Menurutnya, masa kontrak untuk periode 2010-2011 akan habis pada Maret mendatang dan akan ditenderkan kembali dengan lembaga penjaminan asuransi kesehatan secara terbuka.
Untuk periode ini DPRD Sulsel menggandeng perusahaan Asuransi kesehatan Bumi Putra Syariah.
"Kontraknya setiap tahun kita perbaharui. Bulan depan kita buka tender lagi untuk periode Maret 2011-Maret 2012," katanya.(cr7)

Tribun Timur
Lebih Interaktif, Lebih Akrab

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
SELAMAT ULANG TAHUN...!!! Tidak terasa TRIBUN TIMUR sudah 7 Tahun menemani kita selalu...