Sabtu, 12 Februari 2011

Filipina Puji Penyelesaian Damai di Mesir

MANILA, KOMPAS.com — Presiden Benigno Aquino, Sabtu (12/2/2011), memuji penyelesaian damai di Mesir. Ia juga membandingkan hal itu dengan pergerakan kekuatan rakyat yang menumbangkan diktator Filipina pada 1986. Dia mengatakan, Filipina bersama dalam solidaritas dengan rakyat Mesir mencari perubahan yang penuh arti dan damai setelah mundurnya Presiden Hosni Mubarak.
"Transisi kekuasaan di Mesir menunjukkan bahwa aspirasi untuk masyarakat yang lebih bebas dan adil bersifat universal. Sebagaimana yang dilakukan Filipina pada 1986, Mesir sekarang harus memulai pekerjaan membangun kembali institusi mereka," kata Aquino.
Dia mengacu pada pergerakan hampir tak berdarah yang sangat populer pada 1986, ketika jutaan demonstran memadati jalanan dan memaksa diktator Ferdinand Marcos melarikan diri ke pengasingan. Pergerakan itu, yang memopulerkan istilah kekuatan rakyat, kemudian menempatkan ibu Aquino, pemimpin prodemokrasi Corazon Aquino, sebagai presiden dan memulihkan demokrasi ke Filipina setelah 14 tahun dalam kekuasaan diktator.
Sementara kelompok gerilyawan Muslim utama di negara itu, Front Pembebasan Islam Moro (MILF), juga menyambut jatuhnya Mubarak dalam pernyataan yang dimuat pada laman resmi mereka. MILF mengatakan bahwa Muslim Filipina menyambut baik kemenangan bersejarah rakyat Mesir untuk kebebasan dan perubahan demokratis. MILF mengupayakan negara Islam terpisah di Filipina selatan, tetapi kini terlibat dalam perundingan damai dengan pemerintah.
Meskipun Mubarak telah mengundurkan diri, Departemen Luar Negeri Filipina mengatakan tetap akan melanjutkan pemulangan warga Filipina di Mesir yang ingin pulang karena kerusuhan politik di negara itu. Selama aksi protes, ada kekhawatiran terhadap kondisi 6.500 warga Filipina yang tinggal di Mesir. Pemerintah Filipina telah memulangkan puluhan orang dari mereka.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
SELAMAT ULANG TAHUN...!!! Tidak terasa TRIBUN TIMUR sudah 7 Tahun menemani kita selalu...